where does US go from Iraq?

19Mar08

begitulah judul beberapa berita media cetak maupun elektronik se antero dunia. Kemanakah AS setelah perang Irak? ke Iran kah? atau ke Syiria? ke Indonesia? hmmm nggak mungkin deh. Atau, justru AS yang harus pergi? he…he…

tadi pagi presiden Bush menyampaikan pidatonya di depan para petinggi militer dan staf departemen pertahanan, Pentagon dalam rangka peringatan 5 tahun invasi AS ke Irak. ibarat sudah basah mandi sekalian, tidak ada penyeselan sedikit pun atas kebijakan perang yang tidak populer itu. presiden dari partai republik itu dengan keras kepala dan yakin bahwa AS sudah di jalur kemenangan dalam perang yang sudah menghabiskan 500 miliar dolar AS (4,600 triliun rupiah) itu. bandingkan GDP Indonesia tahun 2006 yang hanya sebesar 364.5 miliar dolar AS sedangkan GNI Indonesia 315.8 miliar dolar AS (versi Bank Dunia).

“Removing Saddam was right decision,” kata Bush dengan lantang. Statemen itu juga secara tidak langsung menjawab kritikan dari calon presiden Demokrat, Barack Obama dan Hillary Clinton, yang menuntut jadwal penarikan pasukan AS lebih awal dari Irak.

Saya sungguh heran dengan logical framework yang dipakai Mr. Bush ini? Emang sih, penarikan mundur secara dini akan memperkuat kelompok anti AS, misal Al Qaeda dan Iran yang akan membahayakan AS. Dan ini berati bagus, he.. he..

Tetapi, bayangkan akibat invasi ulah presiden yang tinggal 11 bulan itu saudara-saudara.

1. telah menguras pundi AS sebesar 500 miliar US dollar (4.600 triliun rupiah) itu membuat ekonomi AS morat-marit,
2. membuat jutaan orang Irak ngungsi, puluhan ribu orang Irak tewas, dan ratusan ribu lainnya cedera,
3. 4.000 an tentara AS sendiri tewas dan belum ribuan lainnya yang luka-luka dan catat permanen
4. belum lagi sekitar 175 tentara Inggris tewas dan 134 tentara dari berbagai negara yang sekongkol dengan AS juga…

Kok bisa ya Bush dengan yakin ingin melanjutkan perang? Paranoid atau mental disorder?



No Responses Yet to “where does US go from Iraq?”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: