Reuni @ Leiden

10Apr08
saya dan kang MakinSabtu kemarin (5/04), saya kedatangan tamu, syeikh Al Makin, dari Heidelberg, Jerman. Dia adalah senior saya (angkatan ke-2) di MAPK Jember. Sampai hari Rabu kemarin, kita habiskan waktu untuk reuni, bercanda, nostalgia, dan berbincang dari yang super serius sampai guyonan, ejek-ejekan. Reuni ini juga diramaikan oleh simpatisan dari Jakarta dan Jogja. Tempe mendoan dan tumis kangkung semakin menyempurnakan, he..he..
 
Hari Minggu, kita menghabiskan waktu di Amsterdam sampai jam 10 malam. Jika sudah pernah dengan Red Light (pusat bisnis esek-esek Holland), kita juga ke sana. Di RL, PSKnya berbusana minim (CD + BH) didisplay di kamar kecil diterangi lampu merah. Udin, teman sekamar, nyoba nawar salah satu cewek di sana (gayane tok, padahal ra wani). “Hoe veel kost?”, dia tanya. Dijawab “Dirteg (30) euro meneer”.
rl in the night  
Selasa, saya mengantarkan kang Makin ke penerbit E.J. Brill. Beliau berencana menerbitkan bukunya. Kesan saya: reputasi internasional kang Makin untuk negosiasi dsb. mantap lah. Brill cukup legowo untuk menerima manuskripnya. Kita tunggu saja. Sebentar lagi kita bisa berbangga, karya salah satu alumni MAPK Jember akan dipublish oleh penerbit internasional. Saya doakan lancar kang!
 
Oya, dalam bulan dekat ini kang Makin akan defense disertasinya di Heidelberg. Mungkin beliau akan jadi doktor LN pertama dari alumni MAPK Jember. Jika sudah Doktor, tentu tidak hanya dia yang bahagia. Saya yakin saya akan kecipratan manfaatnya (dasar opportunis!), he..he.. Fellowship dan proyek dari LN semakin lancar. Semoga! Sebelum ke Leiden, dia mampir Bonn, ketemu DAAD dan mendorong DAAD agar memberikan kuota beasiswa seluas-luasnya bagi para alumni IAIN/UIN. Ayo kita manfaatkan jasanya!
 
Saya salut dengan kang Makin (dan para sesepuh MAPK laennya tentunya) yang masih mau peduli dengan nasib generasi muda almamaternya yang masih kroco kayak saya ini. Banyak informasi berharga dan saran yang dia berikan untuk kita. Tesis saya juga sempat dibaca dan diedit oleh beliau. Heel bedankt, kang!
 
Acara reuni ditutup dengan jamuan di sebuah kafe kecil La Place di dalam Leiden Centraal Station. Segelas Espresso dan sebutir roti Croissant semakin menghangatkan obrolan bebas kita selama 2 jam (dari jam 8 pagi). Jam 10 lewar 4 menit kang Makin bertolak menuju Heidelberg lagi….


No Responses Yet to “Reuni @ Leiden”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

